Sunday, September 7, 2014



Darimana asal tinta ?

            Dalam kehidupan sehari – hari kita butuh menulis. Baik menulis menggunakan bolpoin atau teknologi seperti print, kita masih membutuhkan tinta. Pertanyaannya adalah darimana tinta berasal?
            Kurang lebih 5000 tahun lalu, pahatan di cina terlihat timbul karena adanya tinta. Tinta permulaan itu terbuat dari campuran antara jelaga dari asap kayu cemara, lampu minyak dan jelatin dari kulit binatang serta darah yang dibekukan.
Tinta yang awal digunakan di india pada akhir abad keempat SM disebut masi, adalah campuran dari beberapa komponen kimia. Dokumen India yang tertulis dengan tinta pada Kharosthi (sejenis naskah kuno India) telah tergali di Turkistan Cina (sekarang Xinjiang). Praktek penulisan dengan tinta dan ujung yang lancip telah umum digunakan di India selatan. Beberapa jain sutra (naskah religi india kuno) India disusun dengan tinta. Di India, karbon hitam yang merupakan asal diproduksinya tinta India dihasilkan dari pembakaran tulang, aspal, pitch, dan substansi-substansi lainnya.
Pada romawi kuno, atramentum-lah yang dipergunakan. Di sebuah artikel pada Chirtisn science Monitor, Sharon J. Hutington menjelaskan sejarah tinta lainnya: “Sekitar 1.600 tahun lalu, resep tinta yang terkenal dibuat. Resep itu digunakan selama beberapa abad. ‘garam” besi, seperti asam fero (terbuat dari beri yang dilumuri dengan asam sulfur), dicampur dengan tannin dari galnut (mereka tumbuh di pepohonan) dan sebuah penebal. Ketika pertama kali dicelupkan pada kertas, tinta ini akan berwarna hitam kebiru-biruan. Lama-kelamaan warna dari tinta ini akan menjadi coklat redup.”

(http://masbadar.com/tinta-sejarah-bahan-dan-kandungan-kimia-nya/)
           
 Tinta identik digunakan sebagai sarana menggambar, dan menulis. Cair dan fleksibel. Sebuah kumpulan atau klub berisikan mahasiswa ESQ Business School yang ber-passion dalam bidang menulis dan menggambar menggambil nama ‘Goresan tinta emas’ . Tinta adalah sarana kreatifitas sedangkan emas adalah harapan bahwa goresan – goresan kreatifitas  yang dihasilkan akan bermanfaat , dan beharga layaknya emas.

0 comments :

Post a Comment